Dasar Tentang Search Engine Optimization

Diposkan oleh Hery Prasetyo Sunday, April 11, 2010
بسم الله الرحمن الرحيم

Dasar Tentang Search Engine Optimization

Search Engine Optimization atau dalam bahasa indonesia disebut optimasi mesin pencari yang kemudian populer dengan singkatan SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju blog/website tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

webmasters Dan Mesin Pencari.

Sejak tahun 1997 perusahaan mesin pencari menyadari bahwa beberapa webmaster (pengelola website) melakukan segala hal untuk dapat terindeks pada urutan teratas hasil pencarian, termasuk dengan cara-cara yang manipulatif dan ilegal. Infoseek, salah satu mesin pencari generasi pertama, melakukan perbaikan pada algortima mereka untuk mencegah manipulasi dengan "meta tag" yang tidak relevan.

Mesin pencari besar seperti Google dan Yahoo! menyediakan program dan panduan yang memungkinkan webmaster mengoptimalkan situsnya agar terindeks dengan baik. Google menyediakan aplikasi Webmaster Tool (anda harus mempunyai akun di Google guna melihat tool ini) dan memperkenalkan sitemap berbasis XML standar mereka, sedangkan Yahoo! menyediakan program Site Explorer (juga harus login dengan akun pengguna Yahoo! anda) yang memungkinkan webmaster mendaftarkan URL situs, mengecek jumlah halaman web mereka yang telah terindeks di data-base Yahoo!, dan melihat informasi link masuk. Namun demikian mesin pencari tidak mentolerir metode SEO yang manipulatif dan menghalalkan segala cara.

Etika Dan Legalitas.

Sistem PageRank, walau menerapkan algoritma yang kompleks, belakangan juga tidak lagi sepenuhnya mampu menghadapi trik dan manipulasi. Sejumlah webmaster dan praktisi SEO telah mengembangkan beberapa metode yang memanfaatkan cara kerja PageRank agar halaman web klien mereka berada pada peringkat pertama hasil pencarian. Google secara resmi telah melarang penggunaan beberapa teknik ilegal seperti link farming, doorway pages, keyword stuffing, dan auto generated pages atau scraper pages. Situs atau layanan SEO yang tetap menggunakanannya terancam akan dihapus dari indeks pencarian.

Ancaman Google dan mesin pencari lain bukan hanya gertakan. Beberapa perusahaan layanan SEO beserta klien mereka yang tidak mengindahkan larangan tersebut menerima penalti yang serius karena perbuatan ilegal mereka. Pada tahun 2005, Matt Cutts dari Google mengatakan bahwa URL sebuah firma SEO bernama Traffic Power beserta klien-klien mereka telah dihapus dari indeks Google karena menggunakan teknik SEO ilegal. Kasus lain yang terkenal adalah ketika Google pada Februari 2006 menghapus situs web perusahaan BMW dan Ricoh Jerman dari daftar karena terbukti menggunakan metode SEO yang manipulatif. BMW dan Ricoh dengan segera meminta maaf kepada Google dan memperbaiki situs mereka. Google kemudian memasukkan kembali situs web mereka ke dalam indeks pencarian. Namun skandal tersebut tetap meninggalkan citra buruk dan memalukan bagi kedua perusahaan tersebut.

Berdasarkan panduan resmi mesin pencari, SEO bukanlah teknik ilegal sepanjang dilakukan dengan mengikuti etika dan aturan yang ada. Hal tersebut untuk menjamin setiap situs web memperoleh kesempatan yang sama dalam pencarian, dan pemeringkatan dilakukan dengan obyektif, di mana yang paling berperan dalam menentukan peringkat suatu halaman web adalah kualitas dan manfaatnya bagi pengguna internet.

Strategi Menjadi Nomer Satu.

Banyak usaha yang dilakukan oleh para webmaster untuk menjadikan blog/websitenya diperingkat pertama atau setidaknya di halaman pertama pada mesir pencari dengan kata kunci tertentu. segala optimasi yang dilakukan baik itu On Page atau Off Page adalah sebagian kecil dari usaha-usaha optimasi tersebut. banyak hal-hal lainnya seperti memanfaatkan situs-situs penyedia submit otomatis keberapa search engine, juga dapat menggunakan software baik yang gratis atau yang berbayar.

Pengecekan juga dapat dilakukan menggunakan beberapa SEO tool yang banyak disediakan secara gratis. dan sebelum anda melangkah lebih jauh lagi tentang SEO, alangkah baiknya anda terlebih dahulu membaca 10 Teknik SEO Yang Efektif.

#Sumber
WikiPedia.org


Jika postingan ini dirasa berguna bagi yang lain. silahkan share untuk berbagi.

Dapatkan Update Terbaru Dari HAPIA Mesir, Masukan Email Anda :

HAPIA Mesir Readers

Bookmark and Share

Direkomendasikan Untuk Dibaca :

29 Responses to Dasar Tentang Search Engine Optimization

  1. pertama terimakasih artikelnya sangat berguna SEO selalu menarik untuk dipelajari

     
  2. munir ardi Says:
  3. blog saya jarang sekali punya visitor dari google sahabat semuanya dari blogwalking karena itulah aku sangat inigin belajar SEO

     
  4. ijin jadi followers sobat

     
  5. heryanto Says:
  6. mantep sharenya, thanks sob.

     
  7. artikelnya menarik dan bermanfaat, terima-kasih sahabat sudah berbagi.

     
  8. Rock Says:
  9. Makasih untuk sharingnya tentang SEO sob...

     
  10. Masih tentang SEO ya...
    Sampai sekarang belum mampu kupahami dg baik... :(

     
  11. Terima kasih utk spoiler-nya... udah aku pasang sekarang..

     
  12. aryadevi Says:
  13. yang pasti bagaimana membawa manfaat bagi orang lain, itu mungkin pemahaman lain tentang SEO

     
  14. aryadevi Says:
  15. ^_^ good luck and have a nice day

     
  16. akhatam Says:
  17. Hmm.. emang susah susah gampang untuk mengoptimalkan SEO..
    Makasih Hapia untuk infnya!

     
  18. Parenting Says:
  19. Infonya Mantab. master SEO juga nih

     
  20. BeDa Says:
  21. Lay Out dan gaya artikelnya mirip Wikipedia. Terinspirasi Wikipedia?

    Ala kulli hal, syukran infonya. Salam ukhuwah

     
  22. HAPIA Mesir Says:
  23. BeDa@ kan sumbernya wikipedia..jadi inspirasinya dari sana...hehehe

    afwan....

     
  24. wah kalau saya pribadi penting posting bos.. masalah seo sepenuhnya ndak ngerti...

     
  25. pluma Says:
  26. mas Hapia... cara submit atau klik POST>>ATOMnya di mana.. trim sudah membantu sejauh ini.

     
  27. pluma Says:
  28. mas.. lo cara buat sitemap ap ada webnya...

     
  29. Budi Mulyono Says:
  30. Ngertinya masih yang standar aja, Meta Description, Meta keyword, Judul and Index follow. Alhamdulillah 50% kunjungan dari search engine. Yang wordpress baru 90% kunjungan dari search engine soale plugin seonya udah terinstal jadi lebih mudah. Taunya tinggal pake aja, nggak ngerti kalo utak atik...

    Yang penting tetap sehat deh tehniknya dan juga jujur.

    Salam sahabat dari Balikpapan.

     
  31. hanif Says:
  32. wah2, jangan sampai deh di pinalti sama mbah google. bisa gaswat ntar bisnis online yg lagi di kerjain. hehe.

     
  33. info menarik sobat. btw ada ole2 buat anda. tolong diambil.

     
  34. aisyah muna Says:
  35. SEO..dimana2 para blogger membahas SEO..
    oh...
    saya masih ga ngerti jg.hehehehehe

     
  36. Nugraha Says:
  37. Ooh gitu toh sejarahnya,trim's atas artikelnya :)

     
  38. Kang Suroto Says:
  39. Info Kang Hapia selalu keren, makasih sudah berbagi ilmu... Jangan lupa komen balik sobat...

     
  40. Digital Baca Says:
  41. SEO memang menjadi pelajaran yang memang tidak ada habisnya..
    Mantabs dech postignya...

     
  42. Ade Sanjaya Says:
  43. enakyaaa jadi master.... webnya di onepage aja hhehehhehe,, thanks infonya gan

     
  44. Rizky2009 Says:
  45. kalau aq mah g teralu terobsesi u/ jd peringkat pertama, blog q bisa di terima shabat blogger lain aja aq dah cukup seneng

     
  46. ihsan mufthi Says:
  47. hmmmmmmmmmmm..alhamdulillh nice tips sob

     
  48. thx raezen....

     
  49. Kholil Says:
  50. her, aku gak bisa buat komentar di bawah post, kpn2lah kalo kamu ke kairo

     

Post a Comment