Download MP3

10 Teknik SEO Yang Efektif

Diposkan oleh Hery Prasetyo Thursday, April 8, 2010
بسم الله الرحمن الرحيم

10 Teknik SEO Yang Efektif

Search Engine Optimisation atau yang kemudian lebih dikenal dengan singkatan SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Berikut adalah 10 teknik SEO Yang Efektif yang HAPIA Mesir tawarkan :

1. Pastikan blog/website Anda pada awalnya dirancang dengan optimasi mesin pencari dengan kebutuhan yang ada dalam pikiran anda. Search engine mencari teks, jadi tidak harus mempunyai grafis dan layout yang keren. blog situs dengan desain keren akan tidak berarti apa-apa jika tidak ada seorangpun yang mengetahuinya.

2. Setiap halaman di blog/website anda memiliki tag judul yang menjelaskan baik blog/website anda atau isi yang ada didalamnya. pastikan judul tersebut mengandung kata kunci dengan nama blog atau website anda atau kata kunci yang ada dalam postingan anda. kecuali anda menggunakan nama blog yang tidak populer, jadi anda cukup meng-optimasi atau mencantumkan kata kunci yang ada dalam postingan anda pada judul tersebut yang akan membawa pengunjung kepada blog atau website anda melalui mesin pencari.

3. Jika blog/website anda menggunakan domain, baik itu berbayar atau gratis, pertimbangkan terlebih dahulu penggunaan awalan www untuk URL domain anda. jika anda memilih menggunakan www untuk awalan URL domain anda, pastikan versi Non-www atau yang tidak menggunakan www mengalihkan kepada blog/website anda.

Pada penanaman URL dalam template blog atau website anda atau dalam posting, pastikan penggunaan www jika anda memilih untuk menggunakan awalan tersebut. dan jangan menggunakan kedua-duanya.

4. Ketika anda merancang blog atau website anda, pastikan untuk menghindari penggunaan menu Drop Down terlalu banyak, atau gambar yang berlebihan. Jika anda harus menggunakan salah satu dari metode diatas, pastikan menyertakan banyak link teks yang disertakan pada postingan anda, dan berikan nama pada gambar dengan menuliskan nama gambar atau judul postingan pada alt gambar tersebut.

5. Tidak peduli apa pun jenis ekstensi situs yang Anda gunakan (seperti : html, Htm, Asp, Php). Mesin pencari tidak melihat ekstensi web dan tidak akan berdampak sama sekali pada hasil pencarian atau peringkat.

6. Setiap halaman dalam blog atau website anda harus menyertakan link ke halaman utama blog/website anda, dan pastikan link tersebut adalah sama. jika anda menggunakan domain, pastikan penggunaan www atau tanpa www tergantung pilihan anda diawal. dan jangan menggunakan tambahan /index.html atau .php (seperti : http://www.mydomain.com/index.html).

7. Ada istilah "Content Is King" (Content adalah raja), sangat penting untuk anda selalu memperbarui content/posting blog/website anda secara berkala dengan memasukan kata kunci anda.

8. Orang lebih cenderung untuk memasukkan sebuah frase, bukan kata tunggal ketika melakukan pencarian di internet. jadi jika anda menulis sebuah informasi dalam postingan, pastikan penggunakan kata khusus yang menjelaskan isi postingan anda. sebagai contoh, jika anda menuliskan tentang liburan anda, tuliskanlah secara jelas dan lebih khusus seperti "Liburan Musim Panas Di Piramid" dan bukan "Liburan Musim Panas".

9. Menulislah dengan alami. Hal terburuk yang dapat Anda lakukan adalah mencoba untuk menjejalkan kata kunci miliaran ke artikel atau blog entri, membuat berantakan dan sulit untuk dibaca. Search engine dapat menentukan apakah teks tersebut logis dan mereka akan mengabaikan konten dengan kepadatan kata kunci yang tinggi.

10. Jangan pedulikan apa yang Anda dengar, jangan terlalu khawatir dengan Google PageRank situs Anda. Sebuah situs web yang dikembangkan dengan benar dan berisi konten yang baik bisa mengungguli website dengan PageRank yang lebih tinggi.

Semoga Tips-tips diatas dapat membantu pemosisian blog/website anda di search engine. Happy Blogging.

# Sumber
wmtips.com


Jika postingan ini dirasa berguna bagi yang lain. silahkan share untuk berbagi.

Dapatkan Update Terbaru Dari HAPIA Mesir, Masukan Email Anda :

HAPIA Mesir Readers

Bookmark and Share

Direkomendasikan Untuk Dibaca :

31 Responses to 10 Teknik SEO Yang Efektif

  1. Iswady Wahid Says:
  2. ijinkan mengamankan pertamax. thanks infonya bro. soalnya page rankku turun. :(

     
  3. hery Says:
  4. kalau aku yang kedua tank infonya kang

     
  5. munir ardi Says:
  6. terimakasih pelajarannya SEO nya Sahabat

     
  7. Rock Says:
  8. Makasih untuk tipsnya tentang SEO sobat. Aku juga baru tau kalau gambar juga harus disertakan dengan alt gambar. Oiya, untuk ukuran resolusi gambar yang baik itu berapa sob?

     
  9. Aryadevi Says:
  10. wa'alaikum salam, ok am fine thnks

     
  11. bener2 blogger master ini, g salah nih aq belajar disini

     
  12. Rock@ untuk ukuran revolusi sebenarnya sama saja.. karena google sendiri g membatasi..mulai dari icon...sampai resolusi 3 pixel pun ada.. saya kira yang terpenting disertakan altnya...

     
  13. Beben Koben Says:
  14. point ke 5 keknya kurang setuju tuh master...hihihihi
    nice tip

     
  15. BeDa Says:
  16. Bagus 10 tekniknya. Jazaakallah khairan telah berkunjung. Salam ukhuwah

     
  17. Kang Beben@ sebenarnya sama saja sih..hanya saya biasanya yang make php,asp dll yang notabene pake hosting juga. itu mesti sudah dirancang dari awal dengan memakai SEO..maka dari itu terlihat selalu mudah terindex...ditambah lagi SEO dari hosting...dan domain...itu lebih kuat dari sekedar sub domain seperti kita yang masih ada ekor blogspotnya... hehehe

     
  18. Budi Mulyono Says:
  19. Assalamualikum ya sohib nun jauh di sono... hehehe... berkunjung lagi sob... Wah masih pake yang ada ekornya nieh... tetapi yang domain dan hosting sendiri sudah limyan lah... paling tidak pengunjung dari engine searchnya perbulan bisa mencapai 70%an. Tehniknya juga hampir sama dengan yang dijelaskan....

     
  20. saya coba dulu tips SEO sobat. thank's atas sharenya yach

     
  21. Blogger Says:
  22. asalamualaikum,
    wah mantep ne sob tips SEO nya...
    untuk point 3 dan 6 itu yg selalu mnegganjal dari blog saya sob
    ini mungkin kesalahan saya tanpa menyadarinya dari awal
    dengan 2 versi yang berbeda antara www dan non www, ini masih jadi
    masalah utama dalam blog saya...
    thanks sharingnya sob
    Sukses Slalu!

     
  23. yusami Says:
  24. info yang bermanfaat, mohon ijin link ke sini dan salam sukses selalu.

     
  25. Ust Budi@ waalaikum salam...ust nan jauh disana..hehe

    Bunglon Blog@ waalaikum salam...iya sob...terjadi kesalahan yang lalu tapi masih bisa diperbaiki ko'...semangat...

    yusami@ silahkan sob...semoga bermanfaat..

     
  26. dinoe Says:
  27. makasih trik seonya mas....keren mas....

     
  28. Unknown Says:
  29. Infi bagus soob, makasih atas artikelnya

     
  30. Mksh info bagusnya Sob.

     
  31. Zona Musisi Says:
  32. izin mempraktekan ya bos...
    hehehehe...

     
  33. IMS Says:
  34. Alhamdulillah dengan ijin ALLAH SWT akhirnya artikel yang selama ini saya cari-cari ternyata ada di rumah Saudara HAPIA MESIR, saya awam sekali soal yang kayak beginian (SEO) kang HAPIA, terima kasih Kang HAPIA sudah mau berbagi tentang tips trik SEO, ini sangat penting buat pembelajaran terutama saya yang sama sekali ngga mudheng soal itu Kang.
    Sekali lagi Kulo'ne menghaturkan terima kasih dan Sukses selalu buat Kang HAPIA.

     
  35. Iswady Wahid Says:
  36. thanks

     
  37. ryan-ss Says:
  38. makasih sob infonya...

     
  39. IMS terima kasih banyak atas dukungannya kawan...semoga kita sama2 sukses dalam menempuh jalan kita yang baik...

    ALL@ semoga bermanfaat...

     
  40. ecko Says:
  41. terima kasih infonya..ikutan nimbrung

     
  42. just wanna say i love u, eh salah. maksunya mamtab, wkakakakak kejauhan yak :d

     
  43. waduh saya berarti belum menjalankan teknik SEO yang efektif ini sobat. Pengen mengoptimasi tp blm tau caranya. Sangat bersyukur disini ada langkah-langkahnya. Terimakasih sobat

     
  44. DIGITAL BACA Says:
  45. Setuju...
    Dengan membuat posting yang original akan lebih pas dech.

     
  46. Rizkyzone Says:
  47. SEO masih harus banyak belajar dari sisi nih aq belum bener2 ngerti soal SEO

     
  48. oketrik Says:
  49. wah pusing nih tentang seo, rumit dan banyak banget caranya.....

     
  50. ada juga mengungkapkan hal utama untuk berperan dalam meraih SEO yang baik adalah kalimat yang saling berhubungan dalam sebuag blog atau website yang dirancang sanga baik sekali,, menujukan satu kata kalimat kunci. tapi benar ngak ya??

     
  51. informasi jambi@ benar sob. kata kunci yang saling berhubungan menjadikan itu dianggap sebagai prioritas di search engine.

     

Post a Comment