Tag Food For Soul

Diposkan oleh Hery Prasetyo Friday, February 12, 2010
بسم الله الرحمن الرحيم

Tag food for soul adalah PR dari sobat Achmad Edi Goenawan (empunya Nuansa Pena) tertanggal 11 februari 2010. baru saat ini HAPIA Mesir bisa mengerjakannya. maaf atas keterlambatan. tag berjudul food for soul HAPIA Mesir berusaha mengisi setiap huruf dari A hingga Z dalam bahasa indonesia sebagai berikut :

Apakah dasar hidup anda? sedangkan Islam adalah landasan hidup setiap muslim. Allah berfirman :

إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ

Artinya : "Sesungguhnya agama yang diterima Allah adalah Islam." (QS Ali Imran : 19)

Berapa banyak anda telah menghabiskan udara? kapankah anda berterima kasih kepada pemiliknya? Allah berfirman :

وَآتَاكُمْ مِنْ كُلِّ مَا سَأَلْتُمُوهُ وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَتَ اللَّهِ لَا تُحْصُوهَا إِنَّ الْإِنْسَانَ لَظَلُومٌ كَفَّارٌ

Artinya : "Dan Dia telah memberikan kepadamu (keperluanmu) dan segala apa yang kamu mohonkan kepadanya. Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghinggakannya. Sesungguhnya manusia itu, sangat zalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah)." (QS Ibrahim : 34)

Cinta yang pertama adalah kepada Allah dan Rosul-Nya dan lebih dari pada cinta kepada diri sendiri. Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- bersabda :

لَا يُؤْمِنُ عَبْدٌ حَتَّى أَكُونَ أَحَبَّ إِلَيْهِ مِنْ أَهْلِهِ وَمَالِهِ وَالنَّاسِ أَجْمَعِينَ

Artinya : "Tidaklah kamu beriman sampai aku lebih dicintai dari pada dirinya, keluarganya dan semua manusia." (HR Bukhori dan Muslim)

Diri anda adalah paling berhak untuk mendapatkan haknya. dengan menjaga dan memenuhi kebutuhannya akan siapa Tuhannya. Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- berkata kepada Sufyan Ats-Tsaqofi :

قُلْ : رَبِّيَ اللهُ ثُمَّ اسْتَقِمْ

Artinya : "Katakanlah : Tuhanku adalah Allah kemudian berpegang teguhlah (istiqomahlah)."

Energi anda jangan disia-siakan hanya untuk melakukan sesuatu yang tidak bermanfaat. Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- bersabda :

مِنْ حُسْنِ إِسْلَامِ الْمَرْءِ تَرَكُهُ مَا لَا يَعْنِيهِ

Artinya : "Diantara baiknya keislaman seseorang adalan (ketika) ia meninggalkan apa-apa yang tidak bermanfaat baginya."

Fitnah (cobaan) terbesar seorang hamba adalah harta dan keluarga (anak). Allah berfirman :

إِنَّمَا أَمْوَالُكُمْ وَأَوْلَادُكُمْ فِتْنَةٌ وَاللَّهُ عِنْدَهُ أَجْرٌ عَظِيمٌ

Artinya : "Sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu hanyalah cobaan (bagimu), dan di sisi Allah-lah pahala yang besar." (QS At-Taghobun : 15)

Gila dunia adalah sifat terburuk akan tetapi paling banyak diminati. jikalau anda menyadari bahwa di akherat ada yang jauh lebih baik. Allah berfirman :

قَدْ أَفْلَحَ مَنْ تَزَكَّى # وَذَكَرَ اسْمَ رَبِّهِ فَصَلَّى # بَلْ تُؤْثِرُونَ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا # وَالْآخِرَةُ خَيْرٌ وَأَبْقَى

Artinya : "Sesungguhnya beruntunglah orang yang membersihkan diri (dengan beriman), dan dia ingat nama Tuhannya, lalu dia sembahyang. Tetapi kamu (orang-orang kafir) memilih kehidupan duniawi. Sedang kehidupan akhirat adalah lebih baik dan lebih kekal." (QS Al-A'la : 14-17)

Hadiah terindah untuk diri anda adalah ketika anda tertimpa musibah dan dapat bersabar. Allah berfirman :

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ # الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ # أُولَئِكَ عَلَيْهِمْ صَلَوَاتٌ مِنْ رَبِّهِمْ وَرَحْمَةٌ وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُهْتَدُونَ

Artinya : "Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: "Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun". Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk." (QS Al-Baqoroh : 155-157)

Iman ada 60an bagian, dan malu adalah bagian dari iman. Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- bersabda :

الْإِيمَانُ بِضْعٌ وَسِتُّونَ شُعْبَةً ، وَالْحَيَاءُ شُعْبَةٌ مِنَ الْإِيمَانِ

Artinya : "Iman ada enam puluh sekian bagian. dan malu adalah bagian dari iman." (HR Bukhori dan Muslim)

Jadilah sebaik-baik orang untuk keluarga. Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- bersabda :

خَيْرُكُمْ خَيْرُكُمْ لِأَهْلِهِ

Artinya : "Sebaik-baiknya orang diantara kalian adalah yang paling baik untuk keluarganya."

Kasih sayang antara seorang muslim dan muslim yang lain, tidak bertengkar, tidak menghina atau menyakitinya. Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- bersabda :

الْمُسْلِمُ مَنْ سَلِمَ الْمُسْلِمُونَ مِنْ لِسَانِهِ وَيَدِهِ

Artinya : "Seorang (disebut) muslim adalah jika muslim yang lain selamat dari keburukan lisannya dan tangannya."

Lidah adalah organ yang paling ditakutkan oleh Nabi -sholallahu 'alaihi wasallam- ketika seseorang tidak dapat mengendalikannya atau berbicara yang baik. ketika Sufyan Ats-Tsaqofi bertanya kepada beliau :

قُلْتُ : يَا نَبِيَّ اللهِ ! مَا أَكْثَرُ ماتخاف عَلَيَّ ؟ قَالَ : فَأَخَذَ نَبِيُّ اللهِ بِلِسَانِهِ ، ثُمَّ قَالَ : هذا

Artinya : "Aku bertanya : wahai Nabi Allah, apakah yang paling engkau takutkan atasku? kemudian Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- menjulurkan lidahnya dan berkata : ini."

Memanggil orang lain dengan panggilan yang baik. janganlah menjukinya dengan julukan yang buruk. Allah berfirman :

وَلَا تَلْمِزُوا أَنْفُسَكُمْ وَلَا تَنَابَزُوا بِالْأَلْقَابِ بِئْسَ الِاسْمُ الْفُسُوقُ بَعْدَ الْإِيمَانِ

Artinya : "Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman." (QS Al-Hujurat : 11)

Nasehat adalah agama. saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran kepada sesama. Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- bersabda :

الدين النصيحة

Artinya : "Agama adalah nasehat."

Orang Islam harus selalu berpegang kepada agamanya sampai dia mati. Allah berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

Artinya : "Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam." (QS Ali Imran : 102)

Perkataan seorang muslim tidak patut dicemari dengan kata-kata yang buruk. Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- bersabda :

وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَلْيَقُلْ خَيْرًا أَوْ لِيَصمُتْ

Artinya : "Dan barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka berkatalah dengan yang baik atau diam." (HR Muslim)

Qiamat tidak akan datang kecuali tiba-tiba, dan tidak seorangpun tahu atau dapat memperkirakan waktu terjadinya kecuali hanya Allah semata. Allah berfirman :

يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّي لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلَّا هُوَ ثَقُلَتْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةً يَسْأَلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللَّهِ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Artinya : "Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba." Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui." (QS Al-A'raf : 187)

Ras manusia bermacam-macam, ada putih, merah, hitam, coklat dll. akan tetapi semua itu tidak ada bedanya dihadapan Allah kecuali tingkatan takwa mereka. Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- bersabda dalam haji wada' :

يَا أَيُّهَا النَّاسُ، إِنَّ رَبَّكُمْ وَاحِدٌ، وَإِنَّ أَبَاكُمْ وَاحِدٌ، أَلَا لَا فَضْلَ لِعَرَبِيٍّ عَلَى عَجَمِيٍّ، وَلَا لِعَجَمِيٍّ عَلَى عَرَبِيٍّ، وَلَا لِأَحْمَرَ عَلَى أَسْوَدَ، وَلَا أَسْوَدَ عَلَى أَحْمَرَ، إِلَّا بِالتَّقْوَى

Artinya : "Wahai manusia, sesungguhnya Tuhan kalian adalah satu, dan ayah kalian adalah satu. tidaklah lebih utama orang arab atas non-arab, dan non-arab atas arab, dan tidak lebih utama pula ras merah atas ras hitam, dan tidak ras hitam atas ras merah kecuali dengan takwa."

Sebaik-baiknya kita adalah yang paling bertakwa kepada Allah. Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- bersabda :

إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللهِ أَتْقَاكُمْ

Artinya : "Sesungguhnya yang paling mulia dihadapan Allah adalah yang paling bertakwa diantara kalian."

Takwa adalah sebaik-baiknya bekal untuk perjalanan kelak. dan takwa adalah menjadikan sebuah penghalang antara diri kita dan neraka. Allah berfirman :

وَتَزَوَّدُوا فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوَى

Artinya : "Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa." (QS Al-Baqoroh : 197)

Umur setiap manusia telah ditetapkan ketika dalam kandungan, tidak ada yang bisa memprediksi kapan seseorang akan mati. Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- bersabda :

ثُمَّ يَبْعَثُ اللهُ مَلَكًا فَيُؤْمَرُ بِأَرْبَعِ كَلِمَاتٍ، وَيُقَالُ لَهُ: اكْتُبْ عَمَلَهُ وَرِزْقَهُ وَأَجَلَهُ وَشَقِيٌّ أَوْ سَعِيدٌ

Artinya : "Kemudian diperintahkan kepadanya malaikat untuk menulis 4 perkara : pekerjaannya, rejekinya, ajalnya, dan nasibnya apakah sengsara atau bahagia." (HR Bukhori)

Visual Sang Pencipta tidak akan tampak kepada kita dikehidupan dunia ini. akan tetapi Allah akan menampakkan wajahnya bagi para penghuni surga. Allah berfirman :

لِلَّذِينَ أَحْسَنُوا الْحُسْنَى وَزِيَادَةٌ وَلَا يَرْهَقُ وُجُوهَهُمْ قَتَرٌ وَلَا ذِلَّةٌ أُولَئِكَ أَصْحَابُ الْجَنَّةِ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

Artinya : "Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (surga) dan tambahannya (yaitu melihat wajah Allah). Dan muka mereka tidak ditutupi debu hitam dan tidak (pula) kehinaan. Mereka itulah penghuni syurga, mereka kekal di dalamnya." (QS Yunus : 26)

Waktu paling baik untuk berdoa adalah sepertiga malam terakhir, diwaktu semua orang sedang tidur. Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- bersabda :

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا، حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرِ، يَقولُ مَنْ يَدْعُونِي فَأَسْتَجِيبَ لَهُ، مَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ، مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ

Artinya : "Allah turuk kelangit dunia setiap hari pada sepertiga malam terakhir. kemudian berkata : barang siapa yang berdoa kepada-Ku maka Aku akan mengabulkannya, barang siapa yang meminta kepada-Ku maka Aku akan memberinya, dan barang siapa yang meminta ampun kepada-Ku maka Aku akan mengampuninya." (HR Bukhori)

X-muslim atau mantan muslim yang kemudian masuk Islam dan kemudian murtad lagi, Allah tidak akan menerima taubatnya selama-lamanya. karena dia telah mempermainkan agama. Allah berfirman :

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا ثُمَّ كَفَرُوا ثُمَّ آمَنُوا ثُمَّ كَفَرُوا ثُمَّ ازْدَادُوا كُفْرًا لَمْ يَكُنِ اللَّهُ لِيَغْفِرَ لَهُمْ وَلَا لِيَهْدِيَهُمْ سَبِيلًا

Artinya : "Sesungguhnya orang-orang yang beriman kemudian kafir, kemudian beriman (pula), kamudian kafir lagi, kemudian bertambah kekafirannya, maka sekali-kali Allah tidak akan memberi ampunan kepada mereka, dan tidak (pula) menunjuki mereka kepada jalan yang lurus." (QS An-Nisa' : 137)

Yaitu orang-orang yang bertakwa tidak akan meragukan keabsahan AL-Qur'an, dan senantiasa menjadikannya sebagai penunjuk jalan kehidupan. Allah berfirman :

الم # ذَلِكَ الْكِتَابُ لَا رَيْبَ فِيهِ هُدًى لِلْمُتَّقِينَ

Artinya : "Alif laam miin. Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa." (QS Al-Baqoroh : 1-2)

Zaman akhir, akan muncul banyak perselisihan, perbedaan pendapat. maka dari itu Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- mewasiatkan kepada kita dengan sabdanya :

عَلَيْكُمْ بِالسَّمْعِ وَالطَّاعَةِ لِمَنْ وَلَّاهُ اللهُ أَمْرَكُمْ، وَإِنْ كَانَ عَبْدًا حَبَشِيًّا، أَلَا وَسَيَرَى مَنْ بَقِيَ مِنْكُمْ بَعْدِي اخْتِلَافًا كَثِيرًا، فَمَنْ أَدْرَكَ ذَاكَ مِنْكُمْ فَعَلَيْهِ بِسُنَّتِي وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الْمَهْدِيِّينَ، عَضُّوا عَلَيْهَا بِالنَّوَاجِذِ ، إِيَّاكُمْ وَمُحْدَثَاتِ الْأُمُورِ فَإِنَّهَا ضَلَالَةٌ

Artinya : "(wajib) atas kalian tunduk dan taat kepada siapa yang Allah jadikan pemimpin bagi kalian, walau dia seorang hamba berkulit hitam. dan barang siapa diantara kalian hidup setelahku maka akan mendapati banyak perselisihan, maka barang siapa yang mendapatinya berpegang teguhlah dengan sunnah (ajaran)ku dan sunnah (ajaran) Al-Khulafa' Ar-Rasyidin. peganglah dengan gigi geraham, dan jangalah kalian melakukan hal-hal yang baru (dalam ajaran Islam-dan tidak ada contohnya). dan setiap hal-hal yang baru (dalam agama) adalah kesesatan."

Wallahu a'lam


Jika postingan ini dirasa berguna bagi yang lain. silahkan share untuk berbagi.

Dapatkan Update Terbaru Dari HAPIA Mesir, Masukan Email Anda :

HAPIA Mesir Readers

Bookmark and Share

Direkomendasikan Untuk Dibaca :

25 Responses to Tag Food For Soul

  1. nuansa pena Says:
  2. Alhamdulillah, cepat sekali anda mengerjakannya, ijin copy untuk catatan pribadi, salut lengkap dengan ayatnya!

     
  3. HAPIA Mesir Says:
  4. nuansa pena@ terima kasih sobat. alhmdllh baru segitu bisanya.. silahkan sob..semoga bermanfaat..

     
  5. Bunglon Blog Says:
  6. asalamualikum, slamat pagi sobat...
    wah lagi musim tag ne, kren dan bermanfaat tag nya sobat...semoga mendapat berkah..

     
  7. HAPIA Mesir Says:
  8. Bunglon Blog@ waalaikum salam. selamat pagi juga sobat..

    amien..terima kasih atas doanya sob..semoga bermanfaat..

     
  9. NURA Says:
  10. salam sobat
    hebat dan saluut banget TAGnya,,
    belum pernah ada TAG yg seperti ini..
    yang menyentuh hati Qiamat, karena bisa datang tiba2.

     
  11. salam sejahtera
    selamat sudah ngerjain tag
    keren

     
  12. Vulkanis Says:
  13. Salam kenal
    Terimakasih atas artikelnya

     
  14. Dangstars Says:
  15. Luar biasa artikelnya,,terimakasih

     
  16. Fais cWaKep Says:
  17. mantap zob...
    tag yang sungguh luar biasa pengerjaan'y...

     
  18. reni Says:
  19. Ini bener-e tag food dor soul... Bagus banget..!
    Ijin copy utk aku kirimkan pada sahabatku ya...

     
  20. blue dealu dapat ilmu dari sini
    dan itu snagat membanggakan
    terimakasih y
    salam hangat dari blue

     
  21. Subhanallah keren sekali, pake dalil juga, mantab!!!

    saya udah follow blog keren ini, silahkan follow balik, jangan lupa komen-komen ya...
    http://jemput-rizki.blogspot.com
    http://alloh-only.blogspot.com

     
  22. Abu Daffa Says:
  23. Assalamu'alaikum...Subhanallah Ustadz...sungguh tidak salah kalau kami belajar baik ilmu tentang blog maupun ilmu agama kepada ustadz...
    Jazakallah ustadz atas sharing ilmunya selama ini...setiap ilmu yg ustadz sampaikan di blog ini menjadi ilmu yang sangat bermanfaat bagi kami...
    Wassalamu'alaikum...

     
  24. keren2...

    pake bahasa arab....

     
  25. munir ardi Says:
  26. semoga kita termasuk kedalam al firqatun najiah. Sebuah tag yang luarbiasa sahabat ijin seperti mas nuansa pena untuk copas disimpan baik-baik

     
  27. HAPIA Mesir Says:
  28. munir ardi@ amien.. semoga kita tergolong kedalam firqah najiah wa thoifah al-mansurah..silahkan sobat..semoga bermanfaat..

     
  29. NURA Says:
  30. salam sobat
    TAGnya banyak pencerahan rohaninya
    zaman akhir akan banyak perselisihan, perbedaan pendapat.
    semuanya sudah muncul di zaman sekarang.

     
  31. mantap banget jawaban Tag-nya sobat.
    banyak pelajaran dan hikmah yang bisa dipetik

     
  32. Saya minta dong, tutorial postingan huruf Arab..

     
  33. arezt Says:
  34. subhanalloh....
    keren om.. two thumb up dah

     
  35. tubir Says:
  36. sobat ane kalau mampier kesini jadi cerah hawanee... selalu disiramm pake penyejuk iman

     
  37. si kancil Says:
  38. salam sejahtera
    kemana-mana dapat tag ini
    keren
    salam kenal ya

     
  39. akhatam Says:
  40. Wah mantapz nih gan... Sukses terus lah..

     
  41. Elsa Says:
  42. waaah keren. menjawab tag dengan berdakwah. hebat...

    yang baca juga dapet banyak manfaat dari tag ini. siiip deh.
    terima kasih ya

     
  43. HAPIA Mesir Says:
  44. semoga bermanfaat untuk semua...

     

Post a Comment