Imam Mahdi Dan Turunnya Nabi Isa

Diposkan oleh Hery Prasetyo Monday, May 10, 2010
بسم الله الرحمن الرحيم

Maha besar Allah yang telah mengawali alam semesta dan mengakhirinya, yang telah menciptakannya dalam 6 hari dan akan mengakhirinya dengan satu tiupan sangkakala.

Imam Mahdi Dan Turunnya Nabi Isa
Ada 10 tanda besar sebelum terjadinya kiamat besar di alam semesta ini. diantaranya adalah munculnya seseorang dari ahli bait yang disebut Al-Mahdi, dan turunnya Nabi Isa ke bumi.

Keyakinan ini tidak dipengaruhi oleh keyakinan yang berkembang di kalangan syi'ah yang mana mereka senantiasa mengagung-agungkan ahli bait melebihi dari yang semestinya dan mengagungkan Ali -rodhiyallahu 'anhu- melebihi Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam-. keyakinan akan munculnya Imam Mahdi dan turunnya Nabi Isa adalah keyakinan Ahlu Sunnah dari kalangan sahabat Nabi -sholallahu 'alaihi wasallam- dan ummat terbaik setelahnya.

Banyak sekali dalil-dalil tentang munculnya Imam Mahdi dan turunnya Nabi Isa -'alaihi salam- yang telah dikabarkan oleh Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam-, berikut adalah sebagian hadist tersebut :

- Hadist-Hadist Shohih tentang munculnya Imam Mahdi :

Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- bersabda :

لَا تَذْهَبُ الدُّنْيَا حَتَّى يَمْلِكَ الْعَرَبَ رَجُلٌ مِنْ أَهْلِ بَيْتِي يُوَاطِئُ اسْمُهُ اسْمِي

Artinya : "Dunia ini tidak akan pergi (kiamat) sampai seseorang memimpin (semua) Arab, dia dari keluargaku (Ahli Bait) dan namanya seperti namaku." (HR At-Tirmidzi - lihat Sunan At-Tirmidzi hadist no. 2156)

يَلِي رَجُلٌ مِنْ أَهْلِ بَيْتِي يُوَاطِئُ اسْمُهُ اسْمِي

Artinya : "Akan datang setelahku seseorang dari keluargaku (Ahli Bait) dan namanya seperti namaku." (HR At-Tirmidzi - lihat Sunan At-Tirmidzi hadist no. 2157)

- Hadist-Hadist Shohih tentang turunnya Nabi Isa -'alaihi salam- :

وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَيُوشِكَنَّ أَنْ يَنْزِلَ فِيكُمْ ابْنُ مَرْيَمَ حَكَمًا مُقْسِطًا فَيَكْسِرُ الصَّلِيبَ وَيَقْتُلُ الْخِنْزِيرَ وَيَضَعُ الْجِزْيَةَ وَيَفِيضُ الْمَالُ حَتَّى لَا يَقْبَلَهُ أَحَدٌ

Artinya : "Dan demi Dzat yang jiwaku berada ditangan-Nya, sungguh telah dekat akan turunnya Ibnu Maryam (Nabi Isa) diantara kalian sebagai hakim yang adil, akan mematahkan salib, membunuh babi, meletakkan jizyah (pajak atas orang non-muslim) dan membagikan harta sampai tidak seorangpun yang ingin menerimanya." (HR Ahmad, Bukhori dan Muslim)

Munculnya Imam Mahdi dan turunnya Nabi Isa adalah 2 diantara 10 tanda besar sebelum kiamat besar terjadi. dan tanda-tandi ini adalah keyakinan para ulama dari kalangan sahabat dan generasi seterusnya.

Diantara periwayat-periwayat hadist-hadist tentang munculnya Imam Mahdi dan turunnya Nabi Isa adalah Abu Daud, At-Tirmidzi, Ibnu Majah, Al-Bazzar, Al-Hakim, Ath-Thobrani dan Abu Ya'la Al-Maushili.

Dan diantara sahabat-sahabat Nabi -sholallahu 'alaihi wasallam- yang diriwayatkan dari mereka adalah Ali, Ibnu Abbas, Ibnu Umar, Thalhah, Abdullah bin Mas'ud, Abu Hurairah, Anas, Abu Said Al-Khudri, Ummu Habibah, Ummu Salamah, Tsauban, Qurrah bin Iyas, Ali Al-Hilali, Abdullah bin Al-Harist bin juz'.

# Rujukan
Sunan At-Tirmidzi (Edisi bahasa Arab), Karya Muhammad bin Isa bin Saurah bin Musa bin Adh-Dhohhak At-Tirmidzi.
Tuhfah Al-Ahwadzi (Edisi bahasa Arab), karya Muhammad bin Abdurrahman bin Abdurrahim Al-Mubarakfuri.


Jika postingan ini dirasa berguna bagi yang lain. silahkan share untuk berbagi.

Dapatkan Update Terbaru Dari HAPIA Mesir, Masukan Email Anda :

HAPIA Mesir Readers

Bookmark and Share

Direkomendasikan Untuk Dibaca :

25 Responses to Imam Mahdi Dan Turunnya Nabi Isa

  1. Rizky2009 Says:
  2. menambah kahasanah dan wawasan saya seputar islam, terimakasih kawan artikelnya menambah pencerahan

     
  3. aryadevi Says:
  4. iya sobat sudah menjadi keyakinan kami akan hal diatas, tinggal menunggu saja.

     
  5. the others Says:
  6. Terima kasih.., mendapat ilmu baru lagi disini.

     
  7. terima kasih sobat,,,,,,,
    saya sangat suka artikelnya
    dan saya juga merasa mendapatkan ilmu lagi
    :D:D

     
  8. Klik Klip Says:
  9. menambah ilmu dan wawasan....thanks

     
  10. Pak Tani Says:
  11. artikelnya banyak yang aku suka...

     
  12. Rock Says:
  13. Makasih untuk sharingnya sobat....
    Maaf baru berkunjung, 2 hari ini modem error. (+ orangnya... wkwkwk...)

     
  14. SubhanAllah...
    Alhamdulillah....
    Allahu Akbar....

     
  15. terimakasih pencerahannya aku mau rajin shalat deh sekarang

     
  16. mampir mengembang amanah dari om munir yang lagi sibuk berat

     
  17. Bunglon Blog Says:
  18. asalamualaikum...apa kabar sobt, semoga baik2 saja disana..
    hmmm hanya bisa membaca dan sedikit manggut2 seraya memahami lebih dalam agar tidak salah persepsi nantinya..

    Sukses Slalu!

     
  19. sehat-mu Says:
  20. Assalamualaikum kawan..
    pa kabarnya..
    selalu saya singgah disini pasti dapat memperoleh ilmu lagi..
    terimaksih banyak kawan, semoga juga ini menjadi cambuk bagi saya khususnya untuk tambah semakin dekat dengan sang pencipta kita ALLAH S.W.T ...
    GD LCK, semoga kita dalam orang2 yg sll bersyukur

     
  21. rasiqzone Says:
  22. q juga smpet nnton videonya tentang ini karya harun yahya,..
    semoga aja qt yg muslim tetap dlm agma kita dan smoga smkin dperkuat sampai datangnya hari kiamat..
    happy blogging sobat..

     
  23. van Says:
  24. allahu'alam
    hanya allah yg tau kapan imam mahdi dan nabis isa akan turun kebumi memberi kedamaian....
    salam sukses sobat!!!! :D

     
  25. akhatam Says:
  26. Subhanalloh... Allohuakbar!!!!!!!!!

     
  27. makasih mas sharingnya jadi tau nih tntng itu

     
  28. obat jadul Says:
  29. bermanfaat bnget infonya...

     
  30. watches Says:
  31. mudah mudahan jangna sampai ketemu deh....

     
  32. informanz Says:
  33. siapa imam mahdi itu???, apa tanda2 Nabi Isa turun???? itu pertanyaan saya tolong dijawab....!!!!

     
  34. HAPIA Mesir Says:
  35. informanz@ kan dalam hadist diatas udah dijelaskan siapa imam mahdi sob...

    Nabi Isa turunnya ketika pasukan muslim telah berkumpul untuk memerangi dajjal pada akhir zaman nanti...

     
  36. Beben Says:
  37. retweet plug in jQuery...hihihiihi duluan ah...heuheuehuheuheue

     
  38. Alamin Says:
  39. Waduh..., jadi ngeri nih inget hri kiamat.
    Ya Allah tolong ampunilah osa hambamu ini Yang penuh dosa Ya Allah.

     
  40. Harus segera berubah, tapi kalo saya sih tetep percaya kalo nabi Isa akan datang...

     
  41. masihkah kita hidup ketika itu???

     
  42. HAPIA Mesir Says:
  43. Komputer Tips@ ketika itu manusia masih hidup.

     

Post a Comment