Universitas Al-Azhar Sudah Tidak Gratis

Diposkan oleh Hery Prasetyo Thursday, February 18, 2010
بسم الله الرحمن الرحيم

Awalnya terdengar seperti isu. akan tetapi setelah dicek kekampus (Universitas Al-Azhar) ternyata memang benar dan bukan isu. pertama kami masuk ke Universitas Al-Azhar Mesir melalui tes yang diadakan oleh Departemen Agama RI yang diselenggarakan pada Universitas IAIN pada tiap propinsi di Indonesia. kami lolos masuk ke Universitas Al-Azhar Mesir dari sekian ribu pesaing dari seluruh Indonesia.

Walau kami bukan masuk dalam mahasiswa yang mendapat beasiswa melalui Departemen Agama yang pada aslinya adalah beasiswa dari Universitas Al-Azhar itu sendiri. kami berangkat ke Mesir dengan biaya kami sendiri. akan tetapi alhamdulillah, setelah hasil nilai tahun pertama kami keluar (walau tidak pernah menghadiri kuliah), kami mendapat beasiswa dari Lembaga Zakat Kuwait yang mana beasiswa dari lembaga tersebut adalah paling besar dibandingkan lembaga-lembaga yang lain.

Biaya kuliah persemester memang tidak dikenakan atas mahasiswa di Universitar Al-Azhar ini. pengeluaran kita disini hanya sebatas buku, sewa kontrakan dan makan. yang mana pengeluaran kita jauh lebih ringan dibandingkan kuliah diuniversitas dalam negeri.

Tertarik dan ingin kuliah di Al-Azhar Mesir? pada tahun pelajaran yang akan datang, Universitar Al-Azhar mulai menetapkan kebijakan baru, yaitu setiap mahasiswa baru akan dikenakan biaya masuk sebesar 5.000 L.E atau sekitar Rp 8.550.000 dengan perkiraan kurs 1 L.E = Rp 1.700, walaupun kabar ini masih bersifat rumor.

Akan tetapi biaya telah ditetapkan untuk permintaan surat keterangan (tasdiq) dari kampus seperti surat keterangan untuk perpanjangan visa, atau untuk lapor pendidikan di KBRI Cairo. biaya sebesar 25 L.E untuk setiap tahun pelajaran. baru pada tahun pelajaran ini peraturan ini dipraktekkan.

Kabar dari Al-Azhar sangat cepat berubah, contohnya mata kuliah bahasa inggris yang resmi dihapus sebelum ujian semester gasal tahun pelajaran 09/10 kembali diberlakukan setelah ujian semester resmi dimulai.

Dan perlu dipertimbangkan juga. bahwa ujian semester di Universitas Al-Azhar sangatlah sulit dibandingkan universitas-universitas manapun. baik dalam bentuk soal ataupun sistem penilaian. jadi memang sangatlah sulit untuk lulus dari Universitas AL-Azhar jika kita tidak sungguh-sungguh dalam belajar.


Jika postingan ini dirasa berguna bagi yang lain. silahkan share untuk berbagi.

Dapatkan Update Terbaru Dari HAPIA Mesir, Masukan Email Anda :

HAPIA Mesir Readers

Bookmark and Share

Direkomendasikan Untuk Dibaca :

37 Responses to Universitas Al-Azhar Sudah Tidak Gratis

  1. inuel Says:
  2. semoga menjadi ilmu yang bermanfaat, kalo msalah pendidikan seperti ini, aku jadi gimana gtu, hihihi, semoga selalu baik-baik aja di negri Orang, dan dapetin semua yang di cita-citakan!! :)

     
  3. HAPIA Mesir Says:
  4. inuel@ amien. terima kasih sob..

     
  5. Kenapa jadi ada peraturan baru spt itu..?

     
  6. Aku baru tahun kalau selama ini sekolah di Al Azhar tidak dipungut biaya.

     
  7. alfi Says:
  8. jngn di liat angka tetapi liat fasilitas dan pengajrannya..
    semoga sukses mas..

     
  9. HAPIA Mesir Says:
  10. alfi@ iya sob..amien..terima kasih..

     
  11. Rock Says:
  12. Baru tau nich kalau sekolah di Universitas Al-Azhar ga bayar...

     
  13. wandhe Says:
  14. iya ada temen wan juga disana, dia dapet beasiswa terus,,
    wan juga mau masuk kesana
    tapi ngga bisa b.inggrisnyta,
    hahhahaahha

     
  15. wah keren nih sob..

    kuliahnya sampai di Al-Azhar.. yg notabene universitas tertua di dunia..

    selaat menempuh pendidikan yah sob.., dan sukses selalu kuliahnya..

     
  16. HAPIA Mesir Says:
  17. wandhe@ kalo kesini yang penting bahasa arab sob..bahasa inggris g penting...

    Awaluddin jamal@ terima kasih sob..amien...

     
  18. Galeri Says:
  19. Kayanya orang-orang yang berprestasi yang bisa nyampe kesana yak Sob Hepia..., baguslah dan saya ikut mendoakan semoga di sana selalu baik-baik saja dan selalu dalam Lindungan ALLAH SWT... Amin..

     
  20. denadnan Says:
  21. semoga cepat sukses selalu...

     
  22. HAPIA Mesir Says:
  23. IMS@
    denadnan@ amien..terima kasih banyak atas doanya sobat...semoga sukses selalu juga..

     
  24. mimi Says:
  25. terimas yg terhingga padamu..

     
  26. eRGe Says:
  27. yaah .. gak jadilah sob rencana aq mau masuk tapi udah gak gratis lagi batal aja deh .. hahahaha

     
  28. HAPIA Mesir Says:
  29. mimi sama2 sob..semoga membantu...

     
  30. kunjungan perdana sob. nice info sob. btw, biaya pendidikan sekarang model kapitalis, apa2 uang, ya khan ^_^

     
  31. HAPIA Mesir Says:
  32. Akhmad Syaiful@ memang sob..apa2 uang yang jadi no.1 .. ya semoga keadaan segera membaik... terima kasih atas kunjungannya sob..

     
  33. HAPIA Mesir Says:
  34. eRGe@ wakakakak..kalo kesini ntr ku sediain pisang banyak deh..jangan kawatir..

     
  35. Parenting Says:
  36. Al-Azhar: salah satu universitas kebanggaan umat Islam.

     
  37. pengalaman yang perlu untuk diikuti ehm

     
  38. mas doyok Says:
  39. masuknya saja sudah mahal banget segitu mas :(
    moga moga di tempat sendiri jgua dapet ilmu dan gratis

     
  40. HAPIA Mesir Says:
  41. ulin@ semoga bermanfaat sob..silahkan kalo mw nyusul..hehehe
    mas doy@ baru tahun ajaran baru depan ni dipraktekkan mas.. iya semoga di indonesia juga banyak..

     
  42. NURA Says:
  43. salam sobat
    sudah ngga gratis lagi ya,,
    dulu mas dapat beasiswa ngga masuk kuliah di sini?
    atau biaya sendiri.

     
  44. HAPIA Mesir Says:
  45. NURA@ kalo saya dan teman2 alhamdllh masih gratis.. peraturan ini baru akan dipraktekkan pada tahun ajaran baru ini mbak..

    dan sekarang alhmdllh utk biaya makan dll udah dapet tambahan dari kuwait..

     
  46. nophie Says:
  47. dari dulu pingin kuliah di al azhar, tapi kok ga pernah kesampaian, apa karena usaha nya kurang yah. hehehe

     
  48. Nice posting kawan, Good informasi

     
  49. HAPIA Mesir Says:
  50. nophie@ wah mungkin sob. tapi yang penting jangan menyerah. usahakan terus.

    Webmaster@ semoga bermanfaat sob

     
  51. akhatam Says:
  52. Wah bagus lo universitas Al Azhar... Tapi dah gak gratis ya?? yah, sayang kalo begitu... Tx dah infonya Hapiah!!

     
  53. attayaya Says:
  54. raihlah ilmu dan bagikan ke seulurh umat
    tetap semangat sob

     
  55. Bunglon Blog Says:
  56. wah seharusnya Al Azhar bisa menjadi contoh dalam negeri untuk menggratiskan biaya pendidikan di tingkat perguruan tinggi. beruntung sekali bisa masuk Al Azhar y sob. Sukses slalu sob!

     
  57. iswady Says:
  58. wajar aja kalo sulit. Al azhar merupakan universitas tertua di dunia.

     
  59. Elsa Says:
  60. percaya banget kalo ujiannya sulit. masuknya juga sulit banget kan??
    universitas al azhar gitu lho...
    semua juga sudah paham nama besarnya. hehehhee...

     
  61. Chord Guitar Says:
  62. Baru Tau,,Klo AL-AZHAR GRATIS,,NICE INFO SOB,,(Moga cepet sembuh)..

     
  63. paling ga ide univ al azhar untuk gratis pantas di tiru di tanah air... mahasiswa/pelajar cukup membayar biaya hidup plus buku2 penunjang pelajaran

    rindu masjid makmur... uangnya buat bayar pendidikan umat muslim, bukan buat menghias masjid

     
  64. elfaridi Says:
  65. wao..... itu impian ku yang lalu... untuk sekarang nggak deh sob,,, dah mikir dan car peluang yang lain aja.. selamat belajar!

     
  66. Wah, tapi tetep bisa cari beasiswa.

     

Post a Comment