Al-Azhar & Ujian

Diposkan oleh Hery Prasetyo Saturday, June 13, 2009
بسم الله الرحمن الرحيم

Tanggal 7 mei ujian semester 4 dimulai, tanggal 11 juni ujian berakhir. Ujian yang diadakan Universitas Al-Azhar Mesir untuk fakultas syariah dan perundang undangan jurusan syariah islamiyah. sebulan lamanya kami berdisibukan dengan ujian. Padahal Hanya 8 mata kuliah saja yang diujikan semester ini, tapi bisa sampai sebulan begitu selesainya. Dikarenakan ujian hanya 2 mata kuliah setiap minggu. Hari Senin dan Kamis.

Mata kuliah pertama yang diujikan adalah Fiqh Muqoron. Pelajaran yang membahas tentang beberapa masalah dalam Fiqh Islamy dipandang dari beberapa madzhab fiqh. Kedua adalah Al-Qur'an, jadi kita ditanya beberapa ayat untuk kemudian kita lanjutkan dengan menulisnya. Ketiga Ahwal Syakhshiyah, pelajaran yang membahas tentang fiqih juga dan hukum-hukum amalan-amalan. Keempat adalah Bahst Fil Fiqh, ini sama juga tentang fiqh, karena kami khusus mempelajari Fiqh. Kelima adalah Fiqh Syafi'i, nah ini tidak asing bagi kita, yaitu mempelajari Fiqh dengan pendapat-pendapat Imam Syafi'i.

Dan ada pula pelajaran Bahasa Inggris, itu yang paling mudah bagi teman-teman dari indonesia. Nah, bagi orang-orang mesir??? bagaimana menurut kamu??? jika melihat mereka, seakan-akan Bahasa Inggris adalah pelajaran tersulit didunia. Tahu mengapa??? karena ada orang mesir yang menulis huruf T dari atas, terbayang????

Mata kuliah sebelum terakhir adalah mata kuliah yang paling ditakuti oleh para mahasiswa. Apakah itu??? itu adalah Usulul Fiqh. Membahas tentang bagaimana seorang Faqih (ahli fiqh) mengambil hukum dari sebuah dalil. Itu yang dianggap mahasiswa sulit karena pemahaman disitu lebih ditekankan. Dan terakhir adalah Hadist, akan tetapi kami memelajari hadist untuk diambil hukum-hukumnya yang dapat diamalkan. Dan perbedaan ulama tentang hukum suatu masalah.

Dan Alhamdulillah kami telah usai menjalani ujian. Yang tinggal hanyalah doa. semoga kami dengan apa yang telah kami usahakan mendapat hasil yang terbaik. dan semoga dalam postingan berikut, kami dapat berbagi dengan teman-teman sekalian yang ada di Indonesia tentang beberapa pembahasan dari beberapa pelajaran yang kami pelajari.


Jika postingan ini dirasa berguna bagi yang lain. silahkan share untuk berbagi.

Dapatkan Update Terbaru Dari HAPIA Mesir, Masukan Email Anda :

HAPIA Mesir Readers

Bookmark and Share

Direkomendasikan Untuk Dibaca :

28 Responses to Al-Azhar & Ujian

  1. 4viv Says:
  2. smoga akhi berhasil...

    ntar kalo dah banyak ilmunya dibagi2 ya...

    salam dari Indo..pasundan,,

     
  3. Lintang Sunu Says:
  4. Semoga lancar ujian semesternya ya Sob? Ambil S1 atau S2 di Al Azhar. Saya doakan deh mudah-mudahan sukses semuanya. Dan Selamat. Al Azhar adalah salah satu universitas top dan tertua di dunia.

     
  5. asep canda Says:
  6. ujian nya gimana sob sukses

     
  7. okey mas . . tak doaian selalu buat ujiannya semoga lulus dengan hasil memnuaskan . . .

     
  8. sip.. semoga hasilnya memuaskan sob.. hehe.. :D

     
  9. piet Says:
  10. sukses untuk sobat..semoga ilmu yang dimiliki bisa membawa keberhasilan dn diabdikan untuk bangsa dan negara:)....

     
  11. masbahak Says:
  12. sep bro ujian udah kelar kok.... sama-sama doa ya, lam kenal dari cah buus tukeran link dan saling share yuk....

     
  13. is Says:
  14. Enak yaa ujiannya bisa dikit-dikit gitu...but stress become a long time, huh...????

    Can we get to link exchange friend...?

     
  15. zammilbatik Says:
  16. sukses selalu ..

    andai aku bisa kuliah disana ..

     
  17. NewsGila Says:
  18. wow...Al-Azhar
    tempatnya syuting pilem ketika cinta bertasbih ^^

     
  19. Gila Naruto Says:
  20. Indah banget...
    kuliah disana...
    pacaran disana...

    Mengikrar janji setia di sungai Nil

    Al-Azhar okey lah

     
  21. Chandra Says:
  22. Sukses sbo..

    Aku juga lagi Ulangan Semester..

    Semoga kita menjadi sukses yah..

     
  23. roomen Says:
  24. ada informasi kalo ujiannya udah selesai ya bos,,, selamat n sukses ya bos

     
  25. insya Allah hasilnya akan sebanding dengan proses mendapatkannya... amin :)

     
  26. 3ndur0 Says:
  27. wah dah selesai ya Rae..... asik dong
    hehehe tinggal doa ya, yah moga2 sukses N hasil yg diperoleh juga yg terbaik

     
  28. w4w4 Says:
  29. asikkkkkkkkk dah selesai berarti bisa pulang ke Indo dong...
    jangan lupa mampir ya sob.... N bawain juga ikan asinnya...
    xixixixixi... katanya Kendal terkenal ikan asinnya
    walah salah ya
    Yah yg penting sukses selalu deh

     
  30. hehehe ikutan absen nggih mas Rae ninggalin jejak dulu sapa tau dapet backlink
    sukses atas ujiannya
    Oiya jangan lupa si engkong dibawain oleh2 yg mak NYUZZZZZZ dr Mesir kalo ntar jadi pulang

     
  31. mas wawan Says:
  32. Artikel yang menarik, cerdas dan mencerdaskan. Gak rugi mampir kesini banyak ilmu dan pengetahuan yang diperoleh. Ditunggu postingan berikutnya. Terus berkarya dan…. TETAP SEMANGAT !, Sukses untuk kita semua.

     
  33. Dinoe Says:
  34. Moga sukses selalu ya...

     
  35. apih yayan Says:
  36. memang ga rugi malam menjelang subuh kesini sob artickelnya sungguh menggoda dan keren.. keep blogging.

     
  37. Unaneca Says:
  38. Ma'an najaah wat taufiq

     
  39. Karumbu Says:
  40. semoga sukses ujiannya sob.

     
  41. oww salam sukses yahh

     
  42. Semoga lulus dengan hasil yang memuaskan.. Amin.

     
  43. gud luck bro..do d best

    trik blog
    trik tips blog

     
  44. linda Says:
  45. subhanallah postingan yg cerdas. slmt ujian ya smg mendapat nilai jayyid jiddan :).

     
  46. yup.. sip, semoga hasilnya sesuai dengan yang diharapkan ya.. :D

     
  47. Saung Web Says:
  48. Ass.wr.wb.
    Duh senangnya bisa kuliah di Al-Azhar ya.. pastinya bakal bisa ketemu sama Fahri bin Abdullah atau Azam ya.. hehe .. sukron sohib

     

Post a Comment